Resep Untuk Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami

Resep Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami dengan Ramuan Herbal ini merupakan artikel lanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul "Resep Tradisional Untuk Mengobati Sakit Gigi".

Mengapa saya menulis artikel ini? jawabannya karena batuk memiliki dua jenis yaitu ada batuk berdahak dan batuk kering, yang tentu saja cara pengobatannya pun akan sedikit berbeda. Dan disini saya akan coba membahas mengenai Batuk Berdahak saja. Sepeti biasa, sebelum membahas bagaimana cara penanganannya, kita akan membahas hal apa saja yang menjadi penyebab batuk berdahak. Dan untuk mengetahui semua itu, mari kita disimak bacaan dibawah ini!
 

5 Penyebab batuk Berdahak

Kalian tahu tidak , ternyata salah satu penyebab batuk berdahak itu disebabkan oleh adanya peradangan atau inflamasi pada pernafasan. Tetapi peradangan pernafasan juga bisa memicu terjadinya batuk kering / tidak berdahak. Batuk berdahak disebabkan oleh adanya permasalahan pada saluran pernafasan bagian atas. Ada 5 hal yang dapat menjadi penyebab batuk berdahak diantaranya yaitu :
  1. Peradangan (Inflamasi) Pernafasan.Penyebab batuk berdahak yang pertama yaitu karena adanya inflamasi pernafasan yang bisa memicu terjadinya batuk berdahak dan batuk tidak berdahak.
  2. Asap Rokok, Asap kendaraan dan Polusi. Batuk berdahak juga dapat disebabkan oleh asap rokok, asap kendaraan dan polusi, maka dari itu, jauhkanlah asap dari sekitar tempat tinggal anda. Kalaupun anda ingin keluar rumah, pakailah selalu masker
  3. Infeksi Pada Saluran Pernafasan. Penyebab selanjutnya yaitu karena adanya infeksi pada saluran pernafasan yang disebabkan oleh bakteri jahat atau virus
  4. Flu yang berlebihan. Flu berlebihan merupakan salah satu penyebab mengapa anda bisaterkena penyakit batuk berdahak. Untuk mengurangi batuk anda, anda bisa menjaga agar tubuh anda tetap hangat.
  5. Meningkatnya asam Lambung. Meskipun pada kebanyakan kasus jarang terjadi, namun ternyata meningkatnya asam lambung bisa picu terjadinya batuk berdahak yang membandel

Tips untuk Mengobati Batuk Berdahak dan Batuk Kering
Jika anda terserang penyakit batuk, entah itu batuk berdahak ataupun batuk kering, anda dapat melakukan beberapa tips berikut ini :
  1. Jauhi tempat berdebu dan tempat yang dingin.
  2. Jaga agar kondisi tubuh Anda tetap hangat, untuk itu pakailah jaket, syal, selimut atau apapun itu yang bisa membuat anda hangat.
  3. Usahakan jika anda mandi, pakailah air hangat
  4. Anda terbiasa minum alkohol? atau sudah terbiasa merokok? maka kurangilah atau bahkan hindari, karena dua hal tersebut bisa memperparah batuk anda
  5. Jangan bekerja terlalu keras hingga membuat badan anda drop, istirahatlah secara teratur
  6. Perbanyaklah minum air putih, minimal 7-8 gelas / harinya.

Ramuan Herbal Untuk Mengatasi Batuk Berdahak

Selain dengan menjalankan tips diatas, anda juga dapat membuat ramuan herbal berikut ini untuk mengtasi batuk berdahak :

Ramuan Jahe dan kencur

Jahe dan Kencur

Mengapa harus jahe? Karena jahe mengandung zat anti-bakteridan bisa menghangatkan tubuh selain itu juga dapat mengobati batuk berdahak. Bagi Anda yang sekarang sedang terserang batuk berdahak, cobalah meminum sari Jahe hangat minimal sehari sekali. Untuk membuat ramuan jahe dan kencur caranya cukup mudah, yaitu pertama anda harus menyediakan jahe sebanyak 2 jari / secukupya dan kencur secukupnya. Setelah itu iris jahe dan kencur tersebut, baru kemudian direbus dengan air secukupnya. Setelah itu saring air rebusan jahe dan kencur tadi, lalu anda minum, minimal 1 hari sekali.

Jeruk nipis di campur madu atau kecap

Jeruk nipis di campur madu atau kecap

Jeruk Nipis jika dicampurkan dengan kecap atau madu telah lama dipercaya ampuh dalam mengobati batuk berdahak. Caranya sediakan 1 atau secukupnya jeruk nips, kemudian potong jadi 2 bagian. Setelah itu peras air jeruk nipis tersebut kemudian campurkan dengan kecap. Selanjutnya anda minum 2-3 kali dalam sehari. Bagi anda yang tak suka kecap, anda bisa menggantinya dengan madu

Daun Sirih dan Jahe

Daun Sirih dan jahe

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa daun sirih memang mempunyai sejuta manfaat. Misalnya saja bisa digunakan untuk mengobati "Cara Mengobati Keputihan Secara Alami" dsb. Selain itu ternyata daun Sirih juga bisa dijadikan sebagai obat untuk mengatasi batuk berdahak. Caranya dengan merebus daun Sirih secukupnya kemudian campurkan dengan potongan Jahe. Setelah itu air rebusannya diminum sebanyak minimal 1x / hari, tujuannya yaitu untuk menjaga agar tubuh tetap hangat dan sehat.
 
Demikianlah tips bagaimana cara mengobati batuk berdahak secara alami dengan ramuan herbal. Mudah-mudahan resep kesehatan ini dapat bermanfaat khususnya bagi anda yang membaca dan sedang membutuhkan informasi ini.

0 komentar:

Posting Komentar