Daftar Makanan Sehat Yang Tidak Boleh Diabaikan

Setelah sebelumnya saya memposting tentang makanan penambah kesuburan bagi pria dan wanita, kini saya akan coba menjelaskan beberapa daftar makanan sehat yang tidak boleh diabaikan.
 
Tingkat kesehatan seseorang sangat tergantung dengan apa yang dia makan. Oleh sebab itu, penting untuk bisa memilih dengan cerdas makanan yang dapat menunjang kesehatan secara keseluruhan.

Daftar Makanan Sehat Yang Tidak Boleh Diabaikan

Ada banyak jenis makanan sehat dan beberapa diantaranya wajib untuk Anda konsumsi setiap hari. Apa saja itu? Berikut ini adalah daftar makanan sehat yang tidak boleh Anda abaikan, seperti dikutip Times of India berikut ini:
 

Ikan kaya Omega 3

Ada 5 jenis ikan yang kaya akan kandungan asam lemak omega 3 seperti, Salmon, Makarel, Trout, Herring, dan Tuna. Bagi Anda yang tidak mempunyai kocek lebih, ikan kembung bisa menjadi pilihan. Selain harganya cukup murah, ikan kembung juga tinggi kandungan asam lemak omega 3.

Brokoli

Sayuran hijau ini memiliki banyak manfaat. Untuk Anda yang sedang berusaha melangsingkan badan, brokoli bisa menjadi pilihan tepat karena mempunyai kemampuan untuk menyerap kelebihan lemak dan mengeluarkannya dari tubuh.

Telur

Jangan takut untuk makan telur. Makanan ini sangat kaya akan vitamin dan tinggi kandungan lemak sehat serta protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan studi teranyar menunjukkan, telur memiliki kandungan antioksidan kuat, yang berfungsi menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Bayam

Sejak dulu bayam dikenal sebagai sumber makanan yang kaya akan zat besi. Selain itu, sayur ini juga memiliki khasiat untuk mencegah hilangnya pengelihatan akibat penuaan (macular degeneration), penyakit kanker, katarak dan bayi lahir cacat. Bahkan, kandungan lutein dan folate di dalamnya dapat membantu mencegah penyakit jantung dan bayi yang lahir cacat.

Berries

Buah ini terkenal dengan kandungan antioksidannya yang tinggi dan rendah gula. Bahkan beberapa penelitian menyebutkan buah berries terbukti sangat ampuh untuk melawan beberapa jenis kanker, seperti payudara dan usus.

Kacang

Macadamia, almond, pistas, merupakan jenis kacang yang kaya akan protein dan lemak baik. Menjadikannya sebagai camilan tampaknya cukup baik untuk membantu menekan nafsu makan ketimbang Anda harus ngemil keripik.

Tomat

Fakta menunjukkan bahwa buah tomat memiliki sumber nutrisi sangat lengkap. Selain dapat menjadi pelengkan waktu sarapan, makan siang dan malam, Anda juga bisa menyajikannya dalam bentuk jus. Tomat memiliki likopen, senyawa penting yang sudah dikenal ampuh untuk melawan sel kanker. Tomat juga tinggi kandungan Vitamin A dan K, yang membantu dalam menjaga tingkat tekanan darah tetap terkendali.

Daging

Belakangan ini, banyak penelitian yang mengungkap dampak buruk dari konsumsi daging merah terhadap kesehatan. Tetapi, jika dikonsumsi dengan jumlah yang tepat, hal ini tidak akan meimbulkan masalah. Karena walau bagaimana pun, kita membutuhkan asupan daging sebagai sumber protein.
 

Cokelat hitam

Makan coklat tidak selamanya identik dengan sesuatu yang buruk. Bahkan berbagai riset telah menunjukkan manfaat coklat hitam untuk kesehatan jantung, hati dan ibu hamil. Sekeping coklat hitam juga terbukti mampu memperlancar peredaran darah pada tubuh kita

Anggur merah (red wine)

Beberapa orang mungkin memiliki pandangan negatif tentang minuman berakohol yang satu ini. Tetapi jangan salah, penelitian menunjukkan bahwa minum satu gelas wine setiap hari sangat baik untuk kesehatan karena sifat antioksidan yang terkandung didalamnya. Red wine memiliki banyak kandungan antioksidan seperti flavonoid, polyphenol, fenol, reseveratol yang dianggap mampu mengatasi masalah kesehatan seperti stres bahkan kanker.

Baca cara menghitung masa subur, ini bermanfaat bagi para pasangan yang baru menikah dan ingin segera membuat perencanaan dalam memiliki anak.

0 komentar:

Posting Komentar